every pieces has it own story

Senin, 07 November 2011

the weirdest question is

Pernahkah kamu mengalami ujian yang pilihan soalnya nyaris atau bahkan hampir sama untuk setiap pilihan jawabannya? Hanya merubah kata awalnya saja, bahkan. Saya pernah, baru saja saya alami pas UTS di semester 7 ini malah. Entahlah itu menjadikannya sebagai soal ber-distractor power paling bagus atau malah sebaliknya. Saya hanya bisa menebaknya hingga kini.
Soal yang ajaib itu muncul pada salah satu mata kuliah yang lucunya sekarang bikin mulut saya tertarik ke atas setiap kali dengar nama mata kuliah itu disebut karena beberapa peristiwa aneh bin ajaib yang menyertainya.
Begini bunyi soalnya, kurang lebih kalo tidak salah : "Interview dalam konseling merupakan hal yang...."
Dengan pilihan jawaban (a) terkadang perlu , (b) barangkali perlu, (c) mungkin perlu, (d) mutlak perlu.

Nah loh nah loh, apa reaksi kamu kalo dihadapkan pada soal dan pilihan jawaban yang seperti itu? Bingung? Reaksi saya adalah senyum nyengir pas pertama kali baca, tapi kemudian kembali membacanya lagi. Ini soal punya kans untuk menjebak orang-orang banget sih, tapi kok jadi lucu yaaa :D

Kalo soal di atas ajaib karena permainan bongkar pasang kata awal pada pilihan jawaban, lain lagi pada soal pilihan ganda lain di mata kuliah yang lain. Yang satu ini bener-bener nguji kognitif dan membuat kami harus memutar otak dan bermain dengan kognitif kami dalam waktu yang lumayan lama untuk menyelesaikannya. Namun, kalo ditanya sampai sekarang pun, saya nggak yakin apa jawaban yang saya berikan benar adanya karena setelah diartikan menurut saya pun pilihan jawabannya bisa lebih dari satu. Nah loh??
Begini nih soal yang bikin mumet kognitif anak-anak mahasiswa semester 7 (less or more) :
"Berikut ini bukan merupakan alasan untuk tidak menghentikan konseling adalah...."

Hwoooh...kebayang ga sih, bingungnya muka anak-anak pas ngadepin soal yang satu ini.Bahkan saya menyerah untuk membacanya lagi pada saat saya melakukan koreksi untuk yang ketiga kalinya karena takut iman saya akan tergoda untuk mengganti jawaban semula ke jawaban yang juga belum tentu keabsahan benarnya.
Ini cerita absurd soal ujian saya, gimana kamu? :)

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Paling sering dibaca